Sukses Registrasi Online (Registrasi Akademik) Semester Gasal 2011/2012

Salam Pendidikan!
Teman-teman, seluruh program akademik Universitas Indonesia akan melaksanakan registrasi online (registrasi akademik menggunakan SIAK-NG) yang akan dimulai  tanggal 16 Agustus 2011 pada pukul 09.00. Oleh karena itu, kami Pendidikan IMM FTUI 2011, menyarankan hal-hal berikut agar sukses dan tidak bermasalah dalam registrasi akademiknya.
  1. Pilihlah matakuliah berdasarkan periode semester atau sesuai jumlah yang dipaketkan yang telah terdaftar dalam buku panduan kurikulum FTUI 2010. Atur kelas/jadwal kuliah semester genap 2010/2011 yang telah ada sampai saat ini, jangan sampai bentrok jadwal kuliahnya.
  2. Apabila ingin mengambil matakuliah semester selanjutnya ("menyodok"), aturlah matakuliah dan kelas yang sesuai dan tidak bentrok dengan matakuliah wajib yang telah dipaketkan dan tidak boleh melebihi jumlah SKS maksimal yang ada berdasarkan acuan IP semester sebelumnya.
  3. Apabila jumlah kapasitas kelas tidak memadai, pilihlah pilihan kelas yang masih mencukupi. Mahasiswa mohon tidak memaksa diri memilih kelas yang sudah penuh (sehingga dalam status waiting list) atau bentrok jadwal dengan kelas lain. Diharapkan memilih kelas lain karena tersedia beberapa kelas paralel untuk seluruh mata kuliah wajib. Berdasarkan pengalaman semester sebelumnya, kelas untuk matakuliah yang sudah penuh akan hilang dengan sendirinya dari daftar pilihan kelas.
  4. Apabila tidak ada kelas lain dan kapasitas kelas satu-satunya tidak mencukupi segera menghubungi ketua angkatannya untuk klarifikasi lebih lanjut.
  5. Setelah mengisi IRS di SIAK-NG, simpan IRS dan menunggu persetujuan PA. Apabila IRS telah disetujui, segera print IRS tersebut sebanyak 3 kali kemudian  atur jadwal untuk bertemu dengan pembimbing akademik masing-masing. Untuk mahasiswa angkatan 2010 sangat diharapkan untuk menemui PA (Pembimbing Akademik) untuk konsultasi, dll. Jadwal pertemuan dengan PA akan diumumkan kemudian di mading Departemen Teknik Mesin FTUI.
 Hal-hal yang menyebabkan IRS bermasalah sebagai berikut.
  1. Jadwal kelas bentrok dengan jadwal kelas matakuliah lain.
  2. Mengambil matakuliah dengan jumlah SKS melebihi dari jumlah SKS maksimal+2 SKS tambahan karena IRS akan ditolak dan IRS kan di reset sehingga mata kuliah akan hilang dan yang bersangkutan harus mengisi IRS kembali dari awal. 
  3. Mengambil mata kuliah (diluar matakuliah yang dipaketkan) semester atas/selanjutnya yang berprasyarat.
  4. Waiting list karena posisi seseorang dalam kelas tersebut melebihi kapasitas kelas yang dipilihnya.
Perhatian:
Jadwal kuliah yang ada seharusnya dicocokkan dengan jadwal UAS yang ada, ditakutkan jadwal UAS nanti bila tidak ada perubahan akan akan bentrok dengan jadwal UAS matakuliah lain sehingga memberatkan pihak mahasiswa, dosen, dan bagian yang mengatur jadwal kuliah (PAF).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nasib Burung Cendrawasih

[APA ITU SIAK-WAR!?]

Mekanisme Cetak Transkrip Nilai