Pengumuman Kalender Akademik dan Registrasi Akademik Semester Genap 2011/2012

Assalamualaikum,

Berdasarkan keputusan Rektor Universitas Indonesia, Prof. Dr. der Soz. Drs. Gumilar Rusliwa Soemantri, No. 0976/SK/R/UI/2011 pada tanggal 27 April 2011, tanggal-tanggal penting akademik periode 2011/2012 sebagai berikut.

Semester Gasal 2011/2012
  1. Kegiatan Perkuliahan dan Ujian (UTS dan UAS)                  12 Sept. – 13 Jan. 2012
  2. Batas akhir pemasukan nilai ujian                                          20 Januari 2012
  3. Wisuda  Program Sarjana dan Diploma                                 18 Februari 2012 (pk. 14.30 WIB) 
Semester Genap 2011/2012
  1. Pelaksanaan pembayaran Biaya Pendidikan                           17 – 30 Januari 2012
  2. Registrasi akademik  secara on-line di SIAK-NG                  31 Jan – 7 Feb 2012
  3. Perwalian dengan Pembimbing Akademik                             31 Jan – 7 Feb 2012
  4. Perbaikan IRS (batal/tambah)                                                 8 Feb – 10 Feb 2012 
  5. Kegiatan Perkuliahan dan Ujian (UTS dan UAS)                  13 Feb – 8 Juni 2012
__________________________________________________________________________________________________________





Teman-teman, seluruh program akademik Universitas Indonesia akan melaksanakan registrasi online (registrasi akademik menggunakan SIAK-NG) yang akan dimulai  tanggal akhir Januari-awal Februari 2012. Khusus untuk mahasiswa angkatan 2011, ini adalah kesempatan pertama mengisi isian rencana studii (IRS) online menggunakan SIAK-NG. Oleh karena itu, kami Pendidikan IMM FTUI 2011, menyarankan hal-hal berikut agar sukses dan tidak bermasalah dalam registrasi akademiknya.

  1. Pilihlah matakuliah berdasarkan periode semester atau sesuai jumlah yang dipaketkan yang telah terdaftar dalam buku panduan kurikulum FTUI 2011. Atur kelas/jadwal kuliah semester genap 2011/2012 yang telah ada sampai saat ini, jangan sampai bentrok jadwal kuliahnya.
  2. Apabila ingin mengambil matakuliah semester selanjutnya ("menyodok"), aturlah matakuliah dan kelas yang sesuai dan tidak bentrok dengan matakuliah wajib yang telah dipaketkan dan tidak boleh melebihi jumlah SKS maksimal yang ada berdasarkan acuan IP semester sebelumnya.
  3. Apabila jumlah kapasitas kelas tidak memadai, pilihlah pilihan kelas yang masih mencukupi. Mahasiswa mohon tidak memaksa diri memilih kelas yang sudah penuh (sehingga dalam status waiting list) atau bentrok jadwal dengan kelas lain. Diharapkan memilih kelas lain karena tersedia beberapa kelas paralel untuk seluruh mata kuliah wajib. Berdasarkan pengalaman semester sebelumnya, kelas untuk matakuliah yang sudah penuh akan hilang dengan sendirinya dari daftar pilihan kelas.
  4. Apabila tidak ada kelas lain dan kapasitas kelas satu-satunya tidak mencukupi segera menghubungi ketua angkatannya untuk klarifikasi lebih lanjut.
  5. Setelah mengisi IRS di SIAK-NG, simpan IRS dan menunggu persetujuan PA. Apabila IRS telah disetujui, segera print IRS tersebut sebanyak 3 kali kemudian  atur jadwal untuk bertemu dengan pembimbing akademik masing-masing. Untuk mahasiswa angkatan 2011 sangat diharapkan untuk menemui PA (Pembimbing Akademik) untuk konsultasi, dll. Jadwal pertemuan dengan PA akan diumumkan kemudian di mading Departemen Teknik Mesin FTUI.

 Hal-hal yang menyebabkan IRS bermasalah sebagai berikut.
  1. Jadwal kelas bentrok dengan jadwal kelas matakuliah lain.
  2. Mengambil matakuliah dengan jumlah SKS melebihi dari jumlah SKS maksimal karena IRS akan ditolak dan IRS kan di reset sehingga mata kuliah akan hilang dan yang bersangkutan harus mengisi IRS kembali dari awal. 
  3. Mengambil mata kuliah (diluar matakuliah yang dipaketkan) semester atas/selanjutnya yang berprasyarat.
  4. Waiting list karena posisi seseorang dalam kelas tersebut melebihi kapasitas kelas yang dipilihnya.
Perhatian:
Jadwal kuliah yang ada seharusnya dicocokkan dengan jadwal UAS yang ada, ditakutkan jadwal UAS nanti bila tidak ada perubahan akan akan bentrok dengan jadwal UAS matakuliah lain sehingga memberatkan pihak mahasiswa, dosen, dan bagian yang mengatur jadwal kuliah (PAF).

Berdasarkan buku Panduan Akademik FTUI 2011, pengambilan matakuliah dengan jumlah SKS maksimal dengan acuan sebagai berikut:

IP Semester
Beban Kredit Maksimal
≤ 2, 00 
16 SKS
2,01 - 2,50
18 SKS
2,51 - 3,00
20 SKS
3,01 - 3,50
22 SKS
> 3,50
24 SKS
           
       Berdasarkan peraturan diatas dapat disimpulkan bahwa SKS maksimal berdasarkan IP acuan sebelumnya. Bila ingin mengambil SKS lebih dari diatas, berdasarkan peraturan yang dibuat PAF FTUI, diizinkan maksimal +1 atau 2 sks tambahan sehingga rumusannya menjadi SKS maksimal + 2 SKS. Sebagai contoh, Mahasiswa A dari hasil studi diperkenankan SKS Maksimum adalah 18 SKS,  maka isian IRS yg diperkenankan adalah maksimum 19 atau 20 SKS. Jumlah SKS yang diizinkan tergantung perizinan dari Pembimbing Akademik masing-masing. Bila diperbolehkan + 1 atau +2 SKS tambahan dari jumlah SKS maksimal, silakan saja...

         Bila mahasiswa mengisi IRS lebih dari ketentuan diatas, maka pada hari akhir perwalian IRS akan di set NOL (0) SKS sehingga  MK yg telah dipilih hilang. Mohon pertimbangkan dengan baik MK yang akan diambil untuk semester ini. Seluruh MK adalah baik dan bermanfaat untuk peningkatan keilmuan dan aplikasi. 

Terima Kasih


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nasib Burung Cendrawasih

[APA ITU SIAK-WAR!?]

Mekanisme Cetak Transkrip Nilai