Workshop "Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Penelitian untuk Publikasi di Jurnal Internasional"

Dasar Pemikiran
Publikasi artikel ilmiah menjadi penting sebagai hasil akhir dari proses penelitian. Para dosen & peneliti diharapkan dapat menuangkan hasil penelitian dalam suatu artikel ilmiah yang berkualitas dan layak untuk dipublikasikan. Dalam menulis artikel ilmiah para dosen & peneliti perlu mengetahui acuan yang harus diperhatikan agar dapat dipublikasikan pada jurnal internasional. IJTech sebagai jurnal internasional yang dikelola oleh Fakultas Teknik UI menyelenggarakan workshop “Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Penelitian untuk Publikasi di Jurnal Internasional” dalam upaya meningkatkan kualitas artikel ilmiah dari para dosen & peneliti Indonesia.
Tujuan & Metode
Tujuan dari workshop ini adalah berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam menulis artikel ilmiah kepada dosen & peneliti Indonesia untuk dapat menghasilkan artikel ilmiah pada jurnal internasional. 
Workshop ini dilaksanakan dengan presentasi materi oleh para pembicara, diskusi tanya-jawab dan dilanjutkan dengan konsultasi langsung perbaikan draft artikel para peserta workshop (writing clinic) untuk dapat dipublikasikan pada jurnal international.
Peserta
Terbuka untuk berbagai bidang terkait sains, desain dan teknologi (peneliti, dosen, mahasiswa S2 dan S3). Jumlah peserta dibatasi hanya 100 orang. Bagi peserta yang memiliki draft artikel ilmiah dapat mengirimkannya kepada panitia. Artikel-artikel terpilih akan dipublikasikan pada jurnal IJTech.


Fasilitator
1. Dr. Mohammed Ali Berawi,
Editor-in-Chief IJTech, Value World dan Journal of the Society of American Value Engineers (SAVE) International. Selain itu juga aktif sebagai editorial board dan reviewer pada berbagai jurnal internasional yang diterbitkan di Canada, Ghana, USA dan UK. 
2. Dr. Nyoman Suwartha,
Managing Editor IJTech, alumni Hokkaido University. Bidang yang ditekuni pengelolaan sumber daya air dan pengendalian erosi tanah permukaan.
3.   Prof. Dr. Bondan T Sofyan,
Manajer Pendidikan dan Riset di Fakultas Teknik UI. Artikel ilmiahnya telah dipublikasikan pada Acta Materialia, Materials & Design, dll. Tercatat juga sebagai reviewer dibidang Materials & Design serta jurnal Sains dan Materi.
4.   Prof. Dr. Nandy Putra, 
aktif mempublikasikan pada jurnal Experimental Heat & Fluid Science, jurnal Heat Transfer and Energy. Reviewer jurnal Makara-UI dan Experimental Heat & Fluid Science.
5. Dr. Eny Kusrini,
peneliti yang telah mempublikasikan artikel ilmiahnya di jurnal internasional seperti Journal of luminescence, Inorganica Chimica Acta, Spectrochimica Acta A. Tercatat juga sebagai mitra bebestari pada jurnal Luminescence: The Journal of Biological and Chemical Luminescence.
6. Dr. Isti Surjandari,
Kepala Laboratorium Statistika dan Kualitas Teknologi Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia. Keanggotaan dari ASQ dan IACSIT. Tercatat juga sebagai editorial board pada jurnal Makara UI.

7. Dr. Agus Sunjarianto Pamitran, publikasi ilmiah di International Journal of Refrigeration, International Journal of Heat and Mass Transfer, serta International Journal of Two Phase Flow.
8.   Dr. Eko Adhi Setiawan,
menekuni bidang Energi Terbarukan dan Wireless Power Transfer yang didanai Hibah Riset Andalan Perguruan Tinggi dan Industri (RAPID)-Dikti.
9. Dr. Yandi Andri Yatmo,
juga salah satu Editorial Board IJTech untuk bidang Arsitektur. Publikasi ilmiah di Journal of Environmental Psychology, Journal of Urban, dll.
10. Prof. Dr. T. Yuri M. Zagloel,
salah satu Editorial Board IJTech untuk bidang Teknik Industri. Ketua BKSTI periode 2008-2011 serta anggota ISTMI.
11. Dr. Sri Harjanto,
Ketua Center of Material Processing and Failure Analysis (CMPFA). Kepakaran pada bidang Material and Mineral Processing serta Material Ekstraksi. 
12. Dr. Evawani Ellisa,
salah satu Editorial Board IJTech untuk bidang Arsitektur. Publikasi ilmiah di Journal of Japan City Planning dan beberapa jurnal international lainnya.



Agenda Workshop
Workshop ini akan diadakan di Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia Depok.
Pada tanggal 16-17 Juli 2012
Lokasi: Ruang Apung, Perpustakaan UI 
Hari Pertama 
08.30 - 09.00 : Registrasi Ulang
09.00 - 09.30 : Pembukaan
09.30 - 14.00 : Topik – topik Penulisan Artikel Ilmiah - Jilid 1
14.00 - 17.00 : Klinik / Konsultasi Langsung
Hari Kedua 
08.30 - 09.00 : Registrasi Ulang
09.00 - 11.30 : Topik – topik Penulisan Artikel Ilmiah - Jilid 2
13.00 - 16.00 : Klinik / Konsultasi Langsung
16.00 - 17.00 : Penutupan


Registrasi
Registrasi dengan mengirimkan Formulir Pendaftaran beserta Bukti Pembayaran via faksimile ke (021)7863506 up to IJTech atau via email ke :
ijtech.eng.ui@gmail.com atau
ijtech@eng.ui.ac.id
Biaya registrasi sebesar IDR 3.000.000
Discount 20% bagi peserta yang melakukan pembayaran early bird hingga 31 Mei 2012. 
Bagi peserta yang membutuhkan penginapan dapat berkoordinasi dengan panitia.



Pendaftaran dimulai :
30 April – 29 Juni 2012
Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Sekretariat IJTech ke (021)78849052
Silahkan mendownload formulir pendaftaran nya disini
Dapat juga melakukan pendaftaran online di sini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nasib Burung Cendrawasih

[APA ITU SIAK-WAR!?]

Mekanisme Cetak Transkrip Nilai