Mechanicail Fair 2013

Departemen Teknik Mesin UI pada tahun ini kembali mengadakan  Mechanical Fair 2013 yang merupakan acara tahunan yang telah diselenggarakan selama 5 tahun.
 
Apa sih Mechanical Fair itu?
 
Bagi yang belum mengetahuinya maka admin paparkan sejarah singkat tentang mechanical fair.
 
Mechanical Fair adalah acara tahunan dan terbesar bagi Ikatan Mahasiswa Mesin Universitas Indonesia. Mechanical Fair itu sendiri telah diselenggarakan dari tahun 2007 dan mengalami perkembangan dari segi konsep acara maupun peserta yang berpartisipasi.
 
Selain core dari acara yang merupakan pameran, Mechfair secara tradisi juga menyelenggarakan berbagai Events maupun kompetisi yang selalu ramai diikuti.
 
 
Setiap tahun, Mechanical Fair memiliki suatu tema unik, yang mengusung isu maupun tren di bidang Mechanical Engineering dan dengan susunan acara relevan yang memberikan realisasi dari tema yang diangkat.
 
Misalnya, pada Mechanical Fair 2012, yang bertajuk “Improving Indonesia with Self Power. Mechfair yang barus saja berlangsung di bulan Juli tahun lalu ini memiliki tujuan untuk menghidupkan potensi anak bangsa dan memperkuat industri nasional. Hal ini dilatarbelakangi oleh perlunya kesadaran bangsa Indonesia untuk mempercayai dan mengandalkan kekuatan bangsa sendiri guna untuk memajukan Indonesia.
 
 
Nah untuk Mechfair tahun ini tema yang diangkat adalah "Membangun Bangsa Bersama Teknopreneur". Pengambilan tema ini bertujuan untuk mempertemukan UKM-UKM yang ada di Indonesia ke para professional dan pecinta UKM. Selain itu juga sebagai wadah bagi para mahasiswa dan UKM untuk memperkenalkan produknya ke masyarakat luas.
Bagi yang penasaran, ini nih poster Mechanical Fair 2013
 
 
 Kompetisi yang dipertandingkan pada Mechfair 2013 ada 3 kategori yaitu :
 
  1. Creative Design
  2. Skill Design
  3. Hovercraft Race
 
 Untuk deskripsi singkat masing-masing kategori
 
Creative Design
 
Lomba Desain Kreatif Mechanical Fair adalah lomba membuat desain kreatif dan inovatif yang ditujukan untuk mempermudah kehidupan sehari-hari
Lomba ini ditujukan kepada mahasiswa mahasiswi diseluruh Indonesia agar dapat mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif dalam bentuk sebuah desain alat atau mesin dalam hal memenuhi kebutuhan sehari-hari.
 
Skill Design
 
Skill Design merupakan suatu kompetisi desain skala nasional untuk mahasiswa S1 atau D3 seluruh universitas di Indonesia. Skill Design mechanical fair 2013 akan diadakan pada tanggal 13 – 14 Maret 2013 dimana 20 tim yang setiap timnya beranggotakan 2 – 3 orang akan berkompetisi menunjukan keahlian mereka dalam perihal menggambar teknik secara manual, perangkat lunak, hingga menuangkan kreativitas mereka untuk menangani suatu masalah ke dalam desain produk.
 
Hovercraft Race
 
Lomba Race Hovercraft adalah salah satu bagian kegiatan dari Pre-event Mechanical Fair UI 2013. Tujuan diadakannya lomba ini adalah untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam mendesain dan membuat hovercraft mini, menyediakan wadah kompetisi yang positif bagi mahasiswa dalam bentuk desain, pembuatan dan race hovercraft RC, mempererat hubungan antar mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, serta untuk mempublikasikan acara Mechanical Fair UI 2013 kepada peserta race dan masyarakat.
 
 
 Nah tunggu apa lagi, yuk daftar Mechanical Fair 2013. Pasti akan banyak manfaat yang kalian dapatkan disini. Dan " Mari Membangun Bangsa Bersama Teknopreneur "
 
 Sumber : http://www.mechfairui.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nasib Burung Cendrawasih

[APA ITU SIAK-WAR!?]

Mekanisme Cetak Transkrip Nilai