PENGEN JADI MAPRES ?

PENGEN JADI MAPRES ?




Halo pembaca setia blog Pendidikan IMM, mimin sekarang mau bahas mapres utama dan tips untuk jadi mapres.


Pertama-tama kita perlu tahu dulu gimana sih perasaan yang dirasakan Mapres Utama setelah terpilih.






Nah itu dia perasaan mereka, gimana Pendidikan IMM lovers? pada pengen jadi mapres?
Ada 5 point penting nih yang dishare sama mapres kita

1. Hidup sehat

Mimin yakin para pembaca blog pendidikan IMM pasti tahu hubungan kesehatan diri dengan performa dalam belajar. Disini mimin engga jelasin guna nya protein apa, atau vitamin b gunanya apa, tapi cuma mau ngingetin kalau tubuh juga punya hak untuk istirahat, untuk diberi asupan gizi, butuh serat, vitamin, dll. Jadi pastinya makan teratur 3 kali sehari, untuk yang anak parallel mesti bangun pagi biar bisa sarapan. Makanan juga harus makanan yang sehat-sehat. Mungkin bagi yang pulang pergi, asupan gizinya bisa lebih teratur. Untuk yang ngekost, tetep perhatiin makanannya, jangan cuma karena pengen irit, makannya mie instan melulu, sarapan dirapel makan siang, makan bergizi kalau cuma gratis doang. Tetep makan makanan bergizi juga yaa.

Selain makan, kalian juag perlu olahraga juga buat menunjang kesehatan, kalau kata orang tua, Mensana Incorpore Sano (Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat) Untuk olahraga yang simple bisa lari pagi, atau futsal, bahkan sekalian ikut latrut mesin, biar menang TC. Dapat bangga nya, dapat sehat nya, tunggu apa lagi, ayoo latrut

Nah yang terakhir dan sering diabaikan adalah tidur. Bukan mengabaikan tidur nya, tapi mengabaikan tidur sehat. Memang sih kebutuhan tidur setiap orang beda-beda namun, riset nya menunjukan tidur usia remaja +-8 jam per hari. Selain lama tidur, biasanya setiap orang memiliki jam biologis nya tersendiri nih, nah disarankan untuk tetap konsisten tiap harinya. Jadi hindari deadliners ya, biar bisa tidur dengan tepat waktu.

2. Bagi waktu

Kehidupan kalian juga harus balance cuy, harus jaga juga tuh mood, mungkin kepala mumet banget, banyak pikiran, berarti butuh hiburan, jalan-jalan, makan-makan, belanja-belanja, curhat-curhat, bahkan sekedar nongkrong. Hal-hal kaya gitu tuh harus bagi waktu nya. Jangan sampai kelamaan nongkrong, atau kelamaan belajar cuy.

Dengan membagi waktu, kebutuhan bersosial juga bisa terpenuhi, karena kita manusia merupakan mahkluk sosial cuy. Tapi dalam bersosial bukan hanya main loh, juga bisa diskusi tentang pelajaran, jadi sosial nya dapet, belajarnya dapet.

Dalam proses belajar juga harus atur nih waktunya, misalnya kalian mau belajar berapa lama, atau ada jadwal rutin belajar tiap hari, dll. Penjadawalan belajar yang tetatur mencegah kalian untuk tidak lupa belajar, jadi walaupun jadwal padat, misalnya rapat, lomba, atau apapun, jangan ninggalin belajar nya ya.

3. Jangan Malu

Jangan malu bertanya dikelas, kalau emang ga tau, ya nanya. Paling anak-anak yang lain juga ga ngerti. Jangan takut di judge yang negatif. Karena malu bertanya saat pelajaran membuat kalian engga bisa menyimak dengan benar apa yang akan dijelasin dosen atau asdos nantinya. Selagi di beri kesempatan bertanya, bertanyalah teman-teman.

Jangan malu untuk ikut lomba. Memberikan pengalaman dan pelajaran yang bar buat kalian. Lomba bukan hanya sekedar menang kok, pengalaman dalam mengikuti lomba tersebut juga berharga loh buat kedepannya.

Jangan malu buat perbanyak koneksi. Untuk kalian yang masih tahun ke-1 atau ke-2 jangan malu bertanya ke seniornya, tanya masalah dalam belajar, tips belajar, atau pengalaman organisasi, karena mereka udah lebih lama kuliah dari kalian, jadi mereka punya pengalaman yang lebih dalam perkuliahan. Para senior juga bisa tukar wawasan dengan alumni untuk mengetahui apa yang bakal dilakuin setelah lulus nanti.


4. Teknik Belajar

Dalam belajar, biasaya setiap orang memiliki teknik nya tersendiri, seperti para mapres utama kita. Belajar bisa dengan teknik apa aja sih, mau belajar diskusi, belajar malem, dll.


Mungkin sebagian dari kalian ada yang deadliners kurangin kebiasaan itu, karena selain bisa mengganggu kesehatan, apa yang lu pelajarin juga bisa sia-sisa akibat kelelahan. Selain itu belajar tidak  deadliners  juga memiliki keuntungan lain, misal nya ada pertanyaan atau hambatan dalam belajar, kalian bisa mendiskusikan bersama dosen atau teman pada pertemuan atau hari esok nya.

Belajar yang tepat juga bisa dengan mengajar loh, nah dengan mengajar tingkat pengetahuan kalian diuji nih, karena bisa aja ada pertanyaan dari orang yang lu ajarkan. Ketika ga mampu untuk mengajarkan orang lain, berarti kalian emang belum ngerti penyelesaian dari masalah atau pelajaran tersebut. Selain itu juga bisa melatih kalian dalam berbicara. Tenang, dalam mengajar, ilmu ga bakal berkurang kok, justru bertambah. 

Diskusi juga merupakan salah satu teknik belajar yang baik, karena di dalam diskusi diajarkan dan mengajarkan ilmu yang dimiliki masing-masing. Sehingga bisa saling menutupi kekurangan masing-masing.

5. Berserah Diri

Nah, setelah melakukan usaha yang maksimal, serahin semuanya pada Tuhan. Usaha yang kalian lakukan pasti akan dibalas oleh Tuhan. 




Itu lah tips-tips belajar dari mapres utama kita, kali-kali bisa membuat kalian menjadi mapres utama selanjutnya. Tapi, kalian harus menemukan cara yang lebih ok lagi, karena anak2 yang ingin jadi mapres dan baca blog ini  juga bakalan menerapkan teknik belajar seperti ini, kalau cuma ngikutin dari tips yang gua kasih, yang bakal bedain kalian sama yang lain cuma konsistensi diri kalian terhadap teknik belajar yang kalian gunakan. 

" Ketika mempunyai impian, cobalah utnuk mencoba mimmpi itu, karena beani mencoba adalah tidak hanya skedar bermimpi" - Jeremy E

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nasib Burung Cendrawasih

[APA ITU SIAK-WAR!?]

Mekanisme Cetak Transkrip Nilai